HHa‍tikumata
Friday 19 February 2016

Cara Merakit Laptop Komputer secara lengkap 2018

Cara Merakit Laptop Komputer secara lengkap - .Sering kali terjadi pada saat membeli laptop dari toko biasanya pengguna merasa kecewa. Fitur yang anda inginkan biasanya tidak semua tersedia di satu komputer, dan harganya bisa selangit. Belum lagi semua software ada di dalamnya. Anda dapat mengabaikan semua itu jika anda bersedia tangan anda sedikit kotor. Membangun laptop itu sendiri sangat sulit, tapi sangat bermanfaat. yang perlu di ketahui pertama memutuskan apa tujuan utama laptop yang akan di buat. Sebuah laptop untuk pengolah kata dan pengecekan email akan memiliki banyak spesifikasi yang berbeda dari pada laptop untuk bermain game. daya tahan baterai juga merupakan pertimbangan penting, jika anda berencana untuk menggunakan laptop di luar ruangan, tentu anda akan menginginkan sebuah laptop yang tidak menarik banyak Daya. Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984). Dalam "The Banishment of Paper Work" (Hilangnya Pekerjaan Tulis-Menulis), Arthur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center) nya IBM menulis, "Meskipun mungkin saja kita dapat memperoleh pendidikan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah."
sebenarnya tak sesulit yang kita pikirkan dalam merakit laptop. hanya jika anda bersedia tangan anda sedikit kotor. Ikuti panduan ini untuk belajar bagaimana merakit laptop komputer.


1Menentukan parts yang kita inginkan




» Pilih prosesor yang memenuhi kebutuhan komputer anda. kerangka yang anda beli akan tergantung pada prosesor yang ingin anda instal, jadi pertama anda memilih prosesor . Bandingkan model prosesor untuk menentukan prosesor dengan kecepatan terbaik versus pendingin dan konsumsi daya. Kebanyakan pengecer online besar akan membiarkan anda membandingkan prosesor secara berdampingan.



  • Pastikan bahwa anda membeli prosesor mobile, dan bukan prosesor desktop.
  • Ada dua produsen prosesor utama: Intel dan AMD. Ada banyak argumen dan terhadap setiap merek, tetapi umumnya AMD akan lebih murah. Melakukan riset sebanyak mungkin pada model prosesor yang anda inginkan untuk memastikan itu adalah harga yang patut.




» Pilih kerangka notebook anda. kerangka notebook akan menentukan bagian mana anda dapat gunakan untuk sisa laptop anda. kerangka biasa terdapat bersama motherboard yang sudah terpasang , yang mana akan menentukan memori apa yang anda dapat gunakan.
  • Ambil ukuran layar dan tata letak keyboard ke rekening juga. karena kerangka tidak terlalu disesuaikan, anda akan terjebak dengan layar dan keyboard yang anda pilih. akan lebih sulit untuk membawa sebuah laptop yang lebih besar , dan kemungkinan besar akan secara signifikan lebih berat.
  • Menemukan kerangka yang dijual mungkin sulit. Masukan "notebook barebone" atau "whitebook shell" ke mesin pencari favorit anda untuk melacak pengecer yang memiliki persediaan kerangka. MSI adalah salah satu dari beberapa produsen yang masih membuat laptop barebone.


» Pembelian memori . laptop anda akan perlu memori untuk menjalankan, dan format memori berbeda dari pada desktop. Carilah memori SO-DIMM yang akan bekerja dengan motherboard di kerangka anda. memori yang lebih cepat akan memberikan kinerja yang lebih baik, tetapi dapat menyebabkan daya tahan baterai yang lebih pendek.
  • Cobalah untuk mendapatkan antara 2-4 GB memori untuk kinerja sehari-hari yang optimal.


» Memilih hard drive. Laptop biasanya menggunakan 2.5 "drive, bertentangan dengan 3,5" drive yang berada di desktop. Anda dapat memilih antara 5400 RPM standar atau 7200 RPM drive, atau memilih drive solid state tanpa bagian yang bergerak. Solid state drive biasanya akan lebih cepat, tetapi mereka dapat lebih sulit untuk digunakan dalam waktu lama.


  • Dapatkan hard drive dengan cukup ruang bagi anda untuk melakukan apa yang anda inginkan dengan laptop. Kebanyakan kerangka tidak memiliki ruang untuk lebih dari satu drive, sehingga dapat menjadi sulit untuk meng-upgrade nanti. Pastikan bahwa ada cukup ruang pada hard drive setelah instalasi sistem operasi (biasanya antara 15-20 GB).


» Putuskan apakah anda memerlukan kartu grafis khusus. Tidak semua kerangka akan cocok dengan kartu grafis mobile khusus. Sebaliknya, grafis akan ditangani oleh motherboard di kerangka. Jika anda dapat memasang kartu khusus, anda memutuskan apakah memerlukannya. Mereka adalah yang paling penting bagi para gamer dan desainer grafis.





» Cari optical drive. Hal ini menjadi lebih dari sebuah langkah opsional seperti komputer terlebih dahulu, karena Anda dapat menginstal sistem operasi dari drive USB dan men-download sebagian besar perangkat lunak. .
  • Beberapa kerangka datang dengan drive disertakan. Tidak semua notebook drive cocok untuk semua kerangka, jadi pastikan bahwa drive sesuai dengan kerangka yang anda pilih.

2. Mulai Pemasangan


» Dapatkan alat. anda akan membutuhkan satu set obeng lengkap, sebaiknya magnetik. sekrup laptop jauh lebih kecil dan lebih sulit untuk melakukanya dengan sekrup desktop. Menemukan sepasang tang runcing untuk mencapai setiap baut yang jatuh ke celah-celah.
  • Jauhkan sekrup anda di dalam plastik sampai anda membutuhkannya. Ini akan membantu menjaga skrup supaya tidak hilang.


» Sengatan listrik dapat dengan cepat merusak komponen komputer, jadi pastikan bahwa Anda grounded sebelum perakitan laptop Anda. Sebuah alat gelang antistatik akan membuat anda grounded.


» Balikkan Kerangla sehingga bagian bawah menghadap ke atas. Anda akan mengakses motherboard dari beberapa komponen plat dilepas di belakang unit.



» Lepaskan panel yang menutup ruang drive. Panel ini mencakup 2,5 ". Teluk yang akan menampung hard drive Anda. Lokasi bervariasi tergantung pada kerangka, tapi Teluk biasanya terletak di bagian depan laptop.



» Memasang hard drive di braket. Kebanyakan notebook membutuhkan hard drive untuk dipasang ke braket yang sesuai di sekitar drive. Menggunakan empat sekrup untuk memastikan bahwa hard drive dijamin untuk braket. Lubang sekrup biasanya akan pastikan bahwa anda telah menginstalnya ke arah yang benar.



» Geser hard drive yang bracketed ke dalam tempatnya. Gunakan grip tape untuk menerapkan tekanan yang cukup untuk meletakan drive. Kebanyakan bracket akan berbaris dengan dua lubang sekrup setelah drive di tempat. Masukkan sekrup untuk menahan drive.



» Instal optical drive. Metode ini akan bervariasi tergantung pada kerangka anda, tetapi optical drive biasanya dimasukkan dari depan pembukaan teluk, dan optical drive meluncur ke konektor SATA.



» Lepaskan panel yang meliputi motherboard. Panel ini kemungkinan besar akan lebih sulit untuk melepas dari panel hard drive. anda mungkin perlu untuk membukanya setelah melepas semua sekrup.



» Memasang memori anda. Setelah panel terbuka, anda akan memiliki akses ke motherboard dan memori slot. Masukkan SO-DIMM chip memori ke slot mereka di sudut, dan kemudian mendorong mereka ke klik mereka ke tempatnya. Memori stick hanya dapat diinstal dalam satu arah, jadi jangan mencoba untuk memaksa mereka di dalam.



» Menginstal CPU. Mungkin ada kunci CPU sekitar soket di mana CPU diinstal. anda mungkin perlu menggunakan obeng Flathead untuk mengubahnya ke posisi "terkunci".
  • Hidupkan CPU anda lebih over sehingga anda dapat melihat pin. Harus ada satu sudut pin yang hilang. notch ini akan berbaris dengan kedudukan pada soket.
  • CPU hanya akan cocok di soket satu arah. Jika CPU tidak duduk sendiri, jangan memaksa, atau Anda dapat menekuk pin, merusak prosesor.
  • Setelah CPU dimasukkan, meletakkan kunci CPU ke posisi "terkunci".


» Pasang kipas pendingin. CPU Anda harus datang dikemas dengan kipas pendingin. Kebanyakan penggemar akan harus thermal paste yang sudah diterapkan ke bawah di mana terhubung dengan CPU. Jika kipas tidak memiliki lem apapun, Anda akan perlu menerapkan beberapa sebelum kipas dipasang.
  • Setelah pasta telah diterapkan, Anda dapat menginstal kipas angin. knalpot harus berbaris dengan ventilasi pada kerangka Anda. Bagian ini bisa rumit ketika Anda berusaha ke jalur semuanya. Jangan mencoba untuk memaksa unit pendingin dan kipas, tapi menggoyangkan itu di sebaliknya. 
  • Menjaga pendingin siku sampai Anda menemukan posisi yang tepat. Hal ini akan membantu menjaga thermal paste dari mendapatkan seluruh komponen Anda.
  • Pasang kabel power kipas untuk motherboard sekali kipas dipasang. Jika Anda tidak menghubungkan kipas, laptop akan terlalu panas dan mati setelah beberapa menit penggunaan.


» Tutup panel Anda. Setelah Anda menginstal semua komponen, Anda dapat menempatkan panel ke belakang selama bukaan dan mengamankan mereka dengan sekrup. laptop Anda selesai!


3. Mulai menjalankan


» Pastikan baterai dimasukkan. Sangat mudah untuk melupakan baterai dalam proses membangun, tapi pastikan bahwa itu dimasukkan dan pengisian dengan benar sebelum booting up komputer.



» Memeriksa memori anda. Sebelum anda menginstal sistem operasi, menjalankan Memtest86 + untuk memastikan bahwa memori Anda bekerja dengan benar, dan bahwa komputer Anda berfungsi secara umum. Memtest86 + dapat didownload secara online gratis, dan dapat di-boot dari CD atau USB drive.
  •  Anda juga dapat memeriksa bahwa memori yang dipasang diakui dengan menggunakan BIOS. Cari Hardware atau Monitor bagian untuk melihat apakah memori Anda muncul.


» Menginstal sistem operasi. Untuk laptop dibangun sendiri, Anda dapat memilih antara Microsoft Windows atau distribusi Linux. Windows biaya uang dan memiliki reputasi untuk menjadi tidak aman, tetapi menawarkan berbagai besar program dan kompatibilitas hardware. Linux adalah gratis, kadang-kadang lebih aman daripada Windows (tetapi tidak selalu), dan didukung oleh komunitas pengembang relawan.
  • Ada banyak versi Linux untuk dipilih, tetapi beberapa yang lebih populer termasuk Ubuntu, Mint, dan Debian.
  • Disarankan agar Anda menginstal versi terbaru dari Windows dirilis, sebagai versi kehilangan dukungan setelah cukup waktu berlalu.
  • Jika Anda tidak memiliki optical drive yang terpasang, Anda akan perlu untuk membuat bootable USB drive dengan file sistem operasi Anda.


» Menginstal driver Anda. Setelah sistem operasi anda terinstal, Anda akan perlu menginstal driver untuk hardware Anda. Sebagian besar sistem operasi modern akan melakukan sebagian besar ini secara otomatis, tetapi Anda mungkin memiliki satu atau dua komponen yang perlu diinstal secara manual.
  • Sebagian besar komponen akan dilengkapi driver mereka pada disk. Gunakan disk jika sistem operasi Anda tidak dapat menemukan driver yang benar.
Di Sini Kami juga Menyediakan Tutorial Cara Instal Game GOD OF WAR di ANDROID dalam bentuk video yang dapat sobat liat di bawah ini.


Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat posting di halaman Facebook kami.
Semoga tutorial yang hatikumata bagikan kali ini dapat membantu sobat semua dalam Merakit Laptop Komputer . Demikian lah yang hatikumata ketahui semoga artikel yang hatikumata bagikan ini berguna buat sobat semuanya.

3 komentar

sangat jelas dan sangat membantu bang
andai bisa bertemu langsung saya mau belajar sama abang
soalnya di tempat saya masi sangat jarang orang yang bisa ngatasi laptop matol seperti vidio abng di youtube,,,
saya sangat berharap dan akan merasa terhormat bila bisa diajarin, saya di daerah polman
salam kenal,,,

yah sama sama Gan , Jangan Lupa subscribe channel youtube Hatikumata Dot Com yah, biar bisa ikutin video tutorial terbaru ^_^

sangat bagus dan jelas...

Jangan lupa kunjungi wisnusaputra17.blogspot.com