HHa‍tikumata
Sunday 5 February 2017

Cara Memulihkan Channel Youtube yang di Suspend atau ditangguhkan 2018

Pada akhir-akhir ini, banyak terjadi kasus dimana sering terjadinya channel atau akun YouTube ditangguhkan. Tingkatannya juga bermacam-macam, ada yang cuma dikenakan penangguhan (suspend) pada salah satu channel YouTube saja atau hingga penangguhan yang bersifat menyeluruh, yaitu penangguhan yang membuat akun Gmail Google tidak dapat diakses, yah hal ini menjadikan banyak orang jadi mlongo alias pasrah. Berdasarkan dari rumor yang saya dengar, YouTube sangat sering melakukan penangguhan akun untuk memfilter channel yang berkualitas dan tidak, serta mencegah terjadinya spam, karna seperti yang kita tahu, suatu video yang berdurasi 10 menitan bisa berukuran hingga 100 MB (setelah melalui proses encoding YouTube).

Tapi yang jadi permasalahan dikalagan youtuber adalah, yang terkena dampak dari suspend ini tidak hanya ditujukan pada YouTuber yang melakukan pelanggaran kebijakan saja, para pemain YouTube murni pun juga ikut terkena dampaknya. Yah mungkin hal ini wajar bagi YouTuber yang melakukan pelanggaran kebijakan, seperti melakukan upload ulang video milik YouTuber lainnya, mengupload konten penipuan, konten dewasa, kekerasan, perjudian dan lain-lain. Akan tetapi apabila yang dikenakan penangguhan akun adalah YouTuber yang benar-benar membuat konten original, ini tentu saja menurut saya tidaklah adil.

Tentu kalian bertanya-tanya mengapa saya menuliskan hal ini?
Because saya itu salah satu diantara youtuber konten original yang bernasib buruk karena akunya terkena suspen oleh pihak google.

Waktu itupun saya bertanya-tanya padahal saya tidak melakukan apapun kok channel YouTube yang saya kelola yang telah terisi lebih dari 60 video original ditangguhkan begitu saja oleh pihak google.?




Pada gambar diatas saya dapatkan pada tahun baru 2017, ketika itu saya mendapat notifikasi email pada HP saya kemudian saya buka eh malah email pemulihan dari akun YouTube yang tersuspend, dan ketika saya mencoba untuk membuak akun channel youtube saya dengan Gmail tersebut yang terjadi adalah...




Pada saat itu perasaan saya campur aduk rasa kesal, jengkel dan sedih, bercampur menjadi satu, yang akhirnya membuat saya down berat. Dikarenakan saya tidak terima dengan penonaktifan channel youtube saya ini, kemudian saya mencoba untuk mencari cara untuk mengembalikan akun saya seperti sebelumnya.

Sehabis searching referensi dari orang-orang yang sudah mengalami hal yang sama, pada akhirnya saya berhasil menemukan solusi dan tentu saja saya berhasil memulihkan channel YouTube yang saya kelola dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Caranya pun sederhana dan ga serepot yang kita bayangkan.

Dalam mengembalikan channel atau akun YouTube yang disuspend, kita cuma perlu mengisi sebuah formulir yang merupakan bagian dari pengajuan banding. Tujuan pengajuan banding ini adalah untuk meminta pihak Google ataupun YouTube untuk meninjau ulang apakah channel yang kalian kelola benar-benar melakukan pelanggaran seperti yang mereka tuliskan pada email yang mereka kirimkan atau tidak. Setau saya, pemberian penalti berupa penonaktifan akun itu dijatuhkan oleh sistem otomatis Google (tidak dikerjakan secara manual), jadi Google memaklumi pengguna layanan mereka seperti Gmail, Blogger, dan YouTube untuk dapat mengajukan komplain pada mereka jika ada kesalahan yang dilakukan oleh sistem tersebut. Oh ya bagi kalian yang ingin melakukan banding kepada Google selaku pengelola YouTube Channel, kalian bisa ikuti langkah-langkah yang pernah saya lakukan dibawah ini :

Silahkan Kalian isi data yang diminta oleh Google. Jika kalian tidak tahu bagaimana cara mengisinya, silahkan ikuti panduannya dibawah ini:
  • Nama lengkap Anda: Isikan nama lengkap kalian. jika bisa, usahakan disamakan dengan nama dari akun Google yang ditangguhkan
  • Alamat email yang Anda gunakan untuk login ke channel YouTube: Isi dengan alamat email dari akun Google yang ditangguhkan
  • Alamat email yang dapat kami gunakan untuk menghubungi Anda: Isi dengan alamat email kalian yang masih aktif. Nantinya, Google akan mengirimkan pesan pemberitahuan terkait pemulihan akun Google kalian yang terkena penangguhan melalui email ini
  • URL channel YouTube yang ditangguhkan: Isi dengan URL/link dari channel YouTube yang ditangguhkan. Contoh: https://www.youtube.com/user/dwiwidyastutie. Buat kalian yang lupa dengan URL dari channel YouTube yang disuspend, kalian dapat mengeceknya melalui email yang berkaitan dengan channel YouTube kalian.
  • Jelaskan secara singkat alasan kalian menganggap channel ditangguhkan secara keliru: Disini, kalian dapat menjelaskan apa alasan yang membuat kalian ingin memulihkan akun kembali seperti sediakala. Kalian mengisinya dengan alasan seperti "Kepada pihak Staff Google yang terhormat, Akun YouTube saya ditangguhkan oleh sistem Google dengan alasan Akun ditangguhkan karena aktivitas tidak valid atau alasan kebijakan, namun saya menganggap ini hanyalah kesalahan teknis saja, Karena saya tidak pernah melakukan hal-hal aneh dan selalu mengembangkan channel yang saya kelola secara manual dan membuat konten dengan jerih payah sendiri untuk ditujukan kepada teman dan komunitas saya di seluruh indonesia. sekali lagi saya memohon dengan rasa hormat yang tinggi pada pihak google untuk mengaktifkan kembali channel saya tersebut. terimakasih"
Catatan : Perlu di ingat untuk pengisian alasan kalian jangan copas 100% alasan yang telah saya sampaikan di atas, karena sistem google akan membaca itu sebagai spam karena kesamaan keyword. Jadi kalian coba modifikasi kata-katanya, intinya yang pertama kalian sampaikan penghormatan pada pihak google kemudian kalian baru utarakan alasan kenapa akun kalian tidak pantas untuk ditangguhkan setelah itu baru penutup dengan kata-kata yang meminta google untuk mengaktifkan kembali akun kalian. setelah itu berikan salam kalian pada pihak google dengan hormat.


Ketika semuanya sudah diisi, langsung saja klik KIRIM. Pada tahap ini, Kalian dinyatakan sudah berhasil mengajukan banding ke Google terkait penangguhan akun Gmail dan YouTube



Sehabis kalian mengirimkan permintaan pengajuan banding, selanjutnya Google akan meninjau ulang akun Google dan channel YouTube kalian dalam hitungan hari, bahkan terkadang bisa menghabiskan waktu hingga berminggu-minggu. Tapi dalam kasus saya sendiri, saya mengirimkan formulir pada tanggal 1 januari 2017, dan akun berhasil dipulihkan kembali pada tanggal 28 januari 2017. Artinya, saya berhasil memulihkan akun saya dalam waktu satu bulan.

Jika misalkan akun kalian berhasil dipulihkan, kalian akan mendapatkan email seperti ini:


Cara ini telah saya buktikan dan hasilnya Sucsses 100%. Tapi perlu diingat yah kalian hanya dapat memulihkan akun channel youtube kalian yang benar-benar tidak melanggar kebijakan dari youtube.
Jika kalian memiliki pertanyaan, kalian dapat posting di halaman Facebook kami. dan jangan lupa untuk Join This Site pada bagian menu Follow kanan bawah, supaya kalian dapat mengetahui update tutorial terbaru dari hatikumata. Semoga tutorial yang hatikumata bagikan kali ini dapat membantu sobat semua dalam mengatasi penangguhan akun youtube.

3 komentar

Saua channel yang di tangguh, ada solusi? sudah saya coba cara di atas belum mampan ne

bang kalo yg link yang di claim suda di apus bgmana bang ?

kalau balasannya kyk gini gimna Terima kasih atas pengajuan banding penangguhan akun Anda. Kami telah memutuskan untuk menangguhkan akun Anda berdasarkan Pedoman Komunitas dan Persyaratan Layanan kami. Kunjungi http://www.youtube.com/t/community_guidelines untuk informasi selengkapnya.

ngajuin ulang tetep ga berhasil. dan katanya tidak bisa mengajukan banding untuk kedua kalinya. gimana tuh?