HHa‍tikumata
Monday 20 March 2017

Cara Memperbaiki LCD Monitor Komputer yang Rusak ( Tutorial + Gambar )

Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat). setiap hari ratusan monitor komputer rusak, dan jika Anda memiliki monitor LCD yang dibeli cukup baru dan mempertanyakan mengapa monitor tersebut tidak dapat menyala, kemungkinan besar masalah listrik yang bisa diperbaiki untuk menghemat ratusan dolar. Panduan ini akan mengkhususkan diri pada model monitor komputer LG L196WTQ-BF, tetapi kebanyakan monitor akan mengikuti desain yang sama dan secara umum dapat tetap menggunakan petunjuk yang sama. Catatan: Untuk lain monitor kapasitor yang berbeda akan dibutuhkan. untuk lebih jelasnya langsung saja kita ke penjelasanya di bawah ini.

  • Pertama Lepas penyangah monitor menggunakan 4 sekrup dan dapat dengan mudah dilepas dari belakang monitor. Hal ini ditunjukkan oleh kotak merah pada gambar


  • Baringkan monitor ke bawah dengan hati-hati, bagian belakang di atas. Lepaskan 4 sekrup lain yang mengunci casing ini.


  • Bagian berikutnya adalah langkah yang paling sulit, ini dapat merusak tepi penutup layar tetapi biasanya mereka tidak terlihat. Penutup monitor terdiri dari 2 sampul plastik bergabung di sisi dan untuk membuka anda harus memaksa suatu pemisahan. gambar menunjukkan bahwa obeng ditempatkan di tengah cover dan membuat ruang kecil. layar ditekan oleh kunci plastik di sekitar layar dan anda akan menggunakan obeng untuk membuka kunci ini, ini merupakan mengapa memasukkannya (Lurus) obeng merupakan keharusan.


  • Gunakan ruang kecil ini, putar obeng untuk membuka pengunci, menggunakan teknik ini anda harus lakukan ke semua sisi monitor. Langkah ini akan lebih mudah  karena anda terus melakukanya, jadi jika anda mengalami kesulitan awal jangan khawatir itu akan lebih mudah.


  • Setelah penutup dilepas tubuh utama monitor dapat dilihat.


  • Lepaskan panel samping.


  • Lepaskan pita dan cabut kabel yang terletak di bagian atas. Ini adalah kabel display sinyal panel.


  • Lepaskan pita dan cabut kabel yang terletak di bagian bawah. Ini adalah kabel panel kontrol. Kabel ini memiliki kunci, sehingga harus ditekan dan dibawa keluar pada waktu yang sama.
  • Cabut kabel yang terletak ke samping. ini juga memiliki kunci dan harus ditekan untuk melepaskan. empat kabel ini adalah colokan lampu belakang.


  • Balikkan casing logam untuk memperlihatkan papan driver dan papan daya. Anda harus melepas kabel daya.


  • Untuk melepas papan daya anda harus melepas 4 sekrup yang terdaftar seperti gambar di bawah ini.


  • Kapasitor terletak di kanan bawah, dan cluster ditunjukkan pada gambar ini. Daftar kapasitor dan lokasi untuk model tertentu ini tercantum di bawah ini. Lokasi harus tercantum di papan itu sendiri.


  • Sekarang menggunakan solder anda dapat melepas kapasitor yang jelek. flip papan daya dan gunakan solder ke logam kecil yang berhubungan dengan kapasitor yang perlu dilepas. ini harus membuat lubang baru untuk kapasitor baru agar sesuai.


  • Sekarang cocok kapasitor berdasarkan penempatan dan solder.

Jika kalian memiliki pertanyaan, kalian dapat posting di halaman Facebook kami. dan jangan lupa untuk Join This Site pada bagian menu kanan bawah, supaya kalian dapat mengetahui update tutorial terbaru dari hatikumata. Semoga tutorial yang hatikumata bagikan kali ini dapat membantu sobat semua dalam perbaiki LCD Monitor.