HHa‍tikumata
Monday 15 May 2017

Tips Mengatasi Virus Ransomware Yang Mengunci Komputer Anda

Virus mematikan Ransomware telah menimbulkan kegaduhan di belahan dunia. Contohnya di Inggris yaitu seperti NHS yang telah mendapat serangan cyber bersekala besar yang melanda rumah sakit, menyebabkan pasien dipalingkan dari A&E dan beberapa operasi dibatalkan. Serangan tersebut menggunakan bentuk ransomware dan menargetkan beribu-ribu organisasi di sebanyak 74 negara. Ransomware adalah sejenis serangan cyber yang melibatkan peretas yang mengendalikan komputer atau perangkat seluler dan menuntut pembayaran. Mereka mengancam untuk memblokir akses ke file sampai uang tebusan dibayar. Hal ini umum bagi seorang peretas,  mereka meminta biaya tebusan antara 0,3 dan 1 Bitcoins (£ 400 - 1375). Serangan semacam itu sebagian besar dilakukan terhadap bisnis, namun juga dapat mempengaruhi individu. Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi diri dari ransomware.




  • Putuskan Jaringan Internet
Tidak menggunakan jaringan internet, dengan mencabut kabel LAN serta menonaktifkan koneksi Wi-Fi. Jangan menggunakan Macros dan SMB Service, plus aktifkan pula Firewall block di port 139, 445, 3389.
  • Back up file kalian
Kerugian terbesar seseorang yang menderita serangan ransomware adalah hilangnya file, termasuk gambar dan dokumen. Perlindungan terbaik terhadap ransomware adalah membackup semua informasi dan file pada perangkat kalian dalam sistem yang benar-benar terpisah. Tempat yang baik untuk melakukan ini adalah pada hard drive eksternal yang tidak terhubung ke internet. Ini berarti bahwa jika kalian terkena serangan, kalian tidak akan kehilangan informasi apapun kepada para hacker. contohnya seperti perusahaan, mereka sering menyimpan salinan data mereka ke server eksternal yang tidak akan terpengaruh jika jaringan utama mereka diserang.
  • Install Tools Security
Segera download dan pasang Tools dan Security Patch dari komputer lain, lalu simpan di memori penyimpanan lain seperti di flashdisk atau memori card. Pasang file Install Tools dan Security Patch yang sudah didownload tadi ke komputer yang terinfeksi Ransomware. Lakukan full scan antivirus dengan fitur Total Security yang terbaru.

Kalian juga dapat menghubungi nomor telepon (021 31925551) / (021 31935556) (nomor ID-SIRTII), atau menuju nomoreransom.org untuk panduan dan jika ada kesulitan lain.

Jika kalian memiliki pertanyaan, kalian dapat posting di halaman Facebook kami atau di bagian komentar bawah. dan jangan lupa untuk Join This Site pada bagian menu kanan bawah, supaya kalian dapat mengetahui update tutorial terbaru dari hatikumata. Semoga tutorial yang hatikumata bagikan kali ini dapat membantu kalian dalam antisipasi virus ransomware pada komputer kalian.