HHa‍tikumata
Tuesday 22 September 2015

Cara setting dan menggunakan Cortana Pada Windows 10

Cara Aktifkan Cortana Pada Windows 10 ~ Cortana adalah personal assistant baru yang bisa digunakan oleh para pengguna Windows 10. Kalau dulu kecanggihan si personal assistant hanya bisa dimanfaatkan oleh para pengguna iOS kini pengguna Windows juga bisa merasakan hal serupa melalui kehadiran teknologi Cortana di Windows 10.  Meskipun kehadiran Cortana masih terbilang baru dan belum bisa dikatakan lulus Turing Test, namun teknologi Cortana tentu akan memberikan pengalaman mobile yang lebih seru dan canggih bagi kita. Semakin sering Cortana membantu kita untuk melakukan aktivitas mobile, maka Cortana akan mengenal kita dengan baik dan bisa memberikan bantuan secara efektif.

Cortana tidak akan mau aktif kalau settingan regional di komputer kamu bukan dari negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk itu, kamu harus mengaturnya dulu, misalnya dari Indonesia diubah ke United States. Berikut langkah-langkahnya: 
  • Pastikan kamu sudah punya akun Microsoft. Jika belum punya, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu di website Microsoft.com. 
  • Pastikan Microphone di laptop atau komputer kamu sudah aktif. 
  • Selanjutnya klik start menu, pilih Settings. Atau tekan kombinasi keyboard “Tombol Windows+I” secara bersamaan untuk membuka menu Settings. 
  • Setelah jendela Settings terbuka, pilih “Time & Language”.
  • Kemudian pada pilihan menu sebelah kiri, pilih “Region & Language”. Pastikan pada Country or region adalah United States. Jika yang ada Indonesia, silahkan ganti ke United States.
  • Selanjutnya klik icon search di taskbar untuk membuka Cortana. Kemudian klik icon Settings bergambar Gear. Dan akan terlihat Cortana dalam keadaan tidak aktif (off).
  • Aktifkan Cortana dengan cara klik tombol Off, untuk merubahnya ke posisi On. Nanti akan muncul jendela konfirmasi untuk login ke akun Microsoft kamu. Silahkan login dan klik tombol sign in.
  • Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi yang menanyakan password komputer yang kamu gunakan untuk login ke Windows. Jika kamu tidak menggunakan password apapun, silahkan kosongkan saja. Kemudian klik tombol Next.
  • Kembali muncul jendela konfirmasi yang menanyakan apakah kamu ingin menggunakan PIN untuk menggantikan password akun Microsoft agar lebih sederhana?
  • Setelah berhasil login ke akun Microsoft kamu, akan ada pertanyaan persetujuan perihal kebijakan privasi dari Microsoft. Klik tombol “I agree” untuk menyetujuinya.
  • Selanjutnya periksa kembali apakah Cortana sudah aktif atau belum. Dengan cara klik menu Search, dan klik icon buku catatan (notebook). Kemudian klik Settings.
  • Pastikan status Cortana dalam keadaan sudah aktif. Semua tombol harus dalam keadaan On.
  • Nah, sekarang Cortana sudah aktif. Kamu bisa mulai mengetesnya dengan memanggil Cortana. Coba ucapkan dengan kata: “Hey Cortana”. Apabila Cortana langsung merespon, berarti Cortana sudah dapat bekerja dengan baik.
  • Ini contoh jika Cortana sudah aktif. Dia bisa merespon berbagai kata yang kamu ucapkan dalam bahasa Inggris. Tentunya perintah yang digunakan adalah perintah yang memang sudah diprogram khusus untuk Cortana itu sendiri.
Di sini Kami juga Menyediakan tutorial cara menggunakan Cortana Pada Windows 10  berbentuk video yang dapat sobat liat di bawah ini.


Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat posting di halaman Facebook kami.
Semoga tutorial yang hatikumata bagikan kali ini dapat membantu sobat semua dalam menggunakan Cortana Pada Windows 10. Demikian lah yang hatiku mata ketahui mengenai Cara menggunakan Cortana Pada Windows 10, semoga artikel yang hatikumata bagikan ini berguna buat sobat semuanya.

2 komentar

Hey cortana bukannya perlu disetting biar aktif dulu gan?? CMIIW :-?

nah di atas kan uda ada tuh caranya ngaktifin gan ^_^