HHa‍tikumata
Thursday 12 March 2020

Cara Mengatasi ERROR divisor is equal to zero DI ORACLE

Kesalahan ini terjadi ketika ekspresi dibagi dengan nol. Ini dianggap sebagai kesalahan logis dalam Oracle. Dalam matematika, pembagian dengan nol adalah pembagian di mana pembagi (penyebut) adalah nol. Pembagian seperti itu dapat dinyatakan secara formal sebagai a / 0 di mana a adalah dividen (pembilang). Apakah ungkapan ini dapat diberikan nilai yang ditentukan dengan baik tergantung pada pengaturan matematika. Dalam aritmatika (bilangan real) biasa, ekspresi tidak memiliki arti, karena tidak ada angka, dengan kelipatan 0, memberikan (a ≠ 0), dan pembagian dengan nol tidak ditentukan. Karena setiap angka yang dikalikan dengan nol adalah nol, ekspresi 0/0 tidak memiliki nilai yang ditentukan dan disebut bentuk tak tentu.

Nih Baca Juga:

Dalam komputasi, kesalahan program dapat menyebabkan upaya untuk membagi angka dengan nol. Bergantung pada lingkungan pemrograman dan jenis angka (misalnya titik mengambang, bilangan bulat) yang dibagi dengan nol, dapat menghasilkan tak terhingga nilai positif atau negatif oleh standar titik mengambang IEEE 754, menghasilkan pengecualian, menghasilkan pesan kesalahan, menyebabkan program untuk mengakhiri, atau menghasilkan nilai bukan-angka-khusus. Mari kita ilustrasikan ini dengan contoh. Mari kita asumsikan pernyataan SELECT di mana Anda melakukan perhitungan berdasarkan nilai di dalam kolom.



Contoh Kasus :
SELECT 100/(SELECT COUNT(*) FROM tableA WHERE presiden='sudrun') FROM dual;
Pesan Error
ERROR at line 1:
 ORA-01476: divisor is equal to zero
Kenapa Muncul Pesan Error tersebut ?
Karena nilai dari hasil SELECT COUNT(*) FROM tableA WHERE presiden='sudrun' adalah 0. jadi eror tersebut muncul karena 100/0 maka akan muncul peringatan eror dari oracle yaitu divisor is equal to zero
Solusi untuk mengatasi pesan error divisor is equal to zero adalah :

SELECT 100/NULLIF((SELECT COUNT(*) 
                   FROM tableA 
                   WHERE presiden='sudrun'),0) expr
FROM dual;
Jika kalian memiliki pertanyaan, kalian dapat bertanya di kolom komentar dibawah ini atau di Akun INSTAGRAM SAYA atau AKUN FACEBOOK KAMI. dan jangan lupa untuk Follow situs ini pada bagian menu Join This Site kanan bawah, supaya kalian dapat mengetahui update tutorial terbaru dari hatikumata.