HHa‍tikumata
Tuesday 24 June 2014

Update instal Dual booting Linux dan Windows succses 100%

Update instal Dual booting Linux dan Windows pada komputer succses 100% - Pada kesempatan kali ini hatiku mata akan membagikan tips mengenai dual booting. karena rekan hatiku mata yang banyak menayakan tentang cara melakukan dual booting pada satu komputer, kali ini akan hatiku mata postingkan mengenai dual booting linux dengan windows dalam satu komputer.
Untuk melakukan semua itu rekan - rekan semua harus melakukan beberapa langkah yang akan hatiku mata berikan ini. langaung aja kalian simak dan praktekan langsung langkah - langkahnya di bawah ini.
  • Langkah 1 : Persiapan
Prasyarat  : 
1. Sebuah PC yang menjalankan Windows 7, dengan setidaknya 30 GB ruang hard-drive gratis. 
2. Sebuah CD / DVD burner dan kosong CD / DVD atau USB drive dengan kapasitas 1GB atau lebih 
3. Sebuah Harddisk eksternal cukup besar untuk cadangan instalasi Windows Anda 

4. Akses administratif ke PC 
5. Konektivitas Internet 

Sebagian besar PC yang dijual dalam tiga tahun terakhir harus memenuhi kriteria untuk nomor 1. Untuk mengkonfirmasi apa versi Windows Anda menjalankan, pergi ke My Computer dan klik "properties System." Versi terdaftar harus Windows 7"
Dari layar yang sama, Anda akan melihat berapa banyak ruang kosong yang tersisa, yaitu bawah bar biru untuk setiap disk. Dalam contoh gambar, ada "8,49 GB gratis 55.7GB"


gambar tampilan folder expllorer windows



CATATAN : 8.49GB ditunjukkan dalam contoh tidak cukup ruang untuk kebanyakan orang. Meskipun Anda dapat menginstal Ubuntu ke partisi ukuran ini, Anda biasanya akan ingin lebih banyak menyimpan dokumen ruang dan aplikasi. 20GB mungkin adalah ukuran minimum yang Anda inginkan.
  • Langkah 2 : Pilih Distro Linux
Linux datang dalam berbagai rasaBeberapa distribusi ditujukan untuk configurability penuh untuk pengguna tingkat lanjut (Arch LinuxGentoo), yang lain di fulfulling persyaratan perangkat keras sederhana (Puppy LinuxDSL), sementara yang lain bertujuan menjadi mudah digunakan dan dapat diakses sebagai posible (Mint, Ubuntu)Ini rasa yang berbedaatau distribusibiasanya disebut "distro" oleh komunitas LinuxAda ratusan bahkan ribuan distro yang tersediajika Anda pergi penasaran untuk http://distrowatch.com/ dan membandingkanNamun, int instruksi ini ditetapkankita akan menggunakan Ubuntu LinuxUbuntu adalah salah satu distro Linux yang paling banyak digunakan dan memiliki komunitas yang sangat membantu dan user interface yang baik bagi pengguna baru.
  • Langkah 3 : Siapkan Instalasi Media


Pergi ke situs ubuntuhttp://www.ubuntu.com/ dan pilih download. Pada tulisan iniversi terbaru dari Ubuntu adalah 12,04Tergantung pada koneksi internet Andadownload ISO dapat memakan waktu cukup lamaVersi 32-bit harus cukup kecuali jika Anda menjalankan aplikasi tertentu yang membutuhkan varian 64-bit OS.
File ISO adalah gambar disk yang telah disimpan untuk distribusi mudah dan replikasi.
Setelah ISO telah didownloadarahkan ke folder itu download keKlik kanan dan pilih "Burn image disk.Ini akan meluncurkan alat untuk membakar foto ke CD atau DVDSetelah disk dibakarkeluarkan dari disk drive dan label untuk referensi di masa depan Anda.
Atau, jika Anda ingin menggunakan USB drive, Anda akan membutuhkan program "UNetbootin" yang tersedia di sinihttp://unetbootin.sourceforge.net/

 gambar tampilan folder expllorer windows

CATATAN Pastikan untuk backup data USB Anda sebelum menjalankan UNetbootinkarena akan memformat drive dan menghancurkan data sebelumnya pada drive USB.
  • Langkah 4 : Windows Backup
Ini mungkin langkah yang paling pentingJika ada yang tidak beres dengan beberapa langkah berikutnyaini akan memungkinkan Anda untuk mengembalikan komputer Anda ke kondisi saat iniAnda akan membutuhkan hard drive eksternal atau media disk yang cukup untuk menyimpan file AndaJika Anda telah didukung sistem AndaAnda dapat memperbarui cadangan atau melanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika Anda belum pernah didukung komputer Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk start.You dapat menemukan hard drive eksternal yang layak untuk sekitar $ 60Coba http://www.newegg.com atau http://www.tigerdirect.comatau toko compouter lokal AndaAtau, Anda dapat menggunakan layanan berbasis langganan backup online seperti Mozy.com atau Carbionite.com untuk aviod pembelian dan menyiapkan perangkat keras

gambar setting windows backup

Untuk menggunakan cadangan Windows, buka start menuketik "backup" dan pilih "backup dan restore." Ini membuka backup dan restore pusatPilih "set up backupdan ikuti wizard untuk membuat jendela backup pertama Anda.
  • Langkah 5 : Partisi Hard Drive
Yang paling aman dan paling sederhana untuk mempartisi harddisk Anda adalah dengan menggunakan program Windows 7 "Disk Management", untuk mengecilkan partisi windows yang ada. Untuk mengakses program ini, klik ikon Windows di kiri bawah dan dalam kotak teks yang mengatakan "program Pencarian dan file", ketik "Disk Management" (tanpa tanda kutip) dalam kotak ini, dan tekan enter.

gambar Partisi Hard Drive


Pada jendela baru yang muncul, Anda akan dapat melihat semua partisi Anda. Dalam jendela, ini biasanya diberi label dengan huruf, seperti "C:" atau "D:". Periksa partisi Anda - ada dua setup umum. Entah Anda akan memiliki satu drive yang sangat besar ("C:") atau Anda akan memiliki drive yang lebih kecil untuk sistem operasi Anda ("C:") ditambah lebih besar untuk data atau program ("C:").

gambar Partisi Hard Drive


Pada partisi yang lebih besar, memastikan bahwa setidaknya 30GB ruang kosong yang tersedia. Selanjutnya, klik kanan pada drive dan pilih "Shrink Volume." Ini akan memakan sedikit waktu untuk jendela untuk menganalisis ruang kosong yang tersedia, jadi bersabarlah. Selanjutnya, ia meminta berapa banyak MB Anda ingin mengecilkan volume suara Anda. Untuk OS Linux khas menginstal 30GB harus banyak jika Anda tidak berencana menggunakannya untuk menyimpan file besar seperti film. Jadi, untuk mengecilkan oleh 30GB, mengubahnya ke MB (kalikan 30 x 1000) dan masukkan nilai ini (30000) ke dalam bidang yang sesuai. Selanjutnya, klik "Shrink".

Sekarang Anda akan melihat sebuah bar hitam yang mengatakan "tidak dapat dialokasikan" di bawah (lihat gambar 2). Jika Anda melihat ini, Anda siap untuk pergi, dan dapat menutup jendela Manajemen Disk.
  • Langkah 6 : Boot dari Removable Media
Catatan, langkah ini akan sedikit berbeda tergantung Anda membuat komputer Anda dan model. 
Jika dokumentasi komputer Anda membuat referensi ke sebuah opsi untuk mengubah urutan boot, menggunakan metode tersebut untuk mengatur komputer untuk boot dari disk drive atau USB drive, tergantung pada media apa yang digunakan pada langkah tiga. 
Reboot dan boot ke media Linux, dan lanjutkan ke langkah tujuh.
Jika Anda tidak dapat menemukan referensi seperti itu, Anda akan perlu untuk mengubah urutan boot via BIOS. BIOS singkatan dari Basic Input Output System. Ini adalah lingkungan tingkat rendah komputer masuk ke sebelum beban sistem operasi. Dari sini, banyak variabel yang berkaitan dengan perangkat keras sistem dapat dimodifikasi, sehingga sangat penting untuk tidak membuat perubahan disengaja karena dapat memiliki efek dramatis pada komputer secara keseluruhan. 

gambar boot os instalation

Reboot komputer. Seperti kekuasaan atas, perhatikan layar yang mengatakan "Pengaturan" atau sesuatu yang serupa. Anda harus menekan salah satu tombol fungsi, biasanya F5 atau F12. Ini akan membawa Anda ke dalam BIOS sistem dan memungkinkan Anda untuk mengubah boot priorities.If Anda melewatkan BIOS, sistem akan terus booting seperti biasa. Jika Anda berakhir di Windows, matikan dan coba langkah ini lagi. 
Menggunakan keyboard, menavigasi di BIOS untuk "opsi boot" dan pilih perangkat boot utama untuk menjadi drive CD atau media USB, tergantung pada apa yang Anda membakar ISO ke dalam langkah sebelumnya. 
Simpan perubahan Andamasukkan media ke dalam drivedan reboot.
  • Langkah 7 : Instal OS
Selanjutnya, pilih "Coba Ubuntu tanpa Instalasi". Dari sini Anda dapat menjelajahi dan terbiasa dengan Ubuntu, serta mengkonfirmasi bahwa koneksi jaringan Anda bekerja. Jika untuk beberapa alasan mereka tidak bekerja (Anda tidak dapat mengakses internet), bacalah dokumentasi resmi Ubuntu, karena pengaturan ini dapat bervariasi berdasarkan pada sistem Anda. Dokumentasi resmi tentang jaringan pemecahan masalah : https://help.ubuntu.com/12.04/ubuntu-help/net-problem.html

gambartampilan linux

Jika tidak, Jika Anda siap untuk melanjutkan, cukup klik dua kali "Install Ubuntu" ikon pada desktop untuk masuk ke wizard penginstalan. Pilih bahasa instalasi, maka pada layar selanjutnya centang kotak yang mengatakan "Instal perangkat lunak pihak ketiga ini". Perangkat lunak ini diperlukan untuk menggunakan MP3.

gambar tampilan instalation linux

Dari titik itu, ikuti default di install wizard. Pastikan bahwa ketika ia meminta Anda di mana Anda ingin menginstal Ubuntu, Anda memilih pilihan untuk menginstal side-by-side dengan OS lain, dengan menggunakan ruang kosong yang tersedia. Lanjutkan instalasi sampai Anda menerima pesan bahwa instalasi selesai. Ini mungkin memerlukan waktu untuk sampai ke titik ini jadi harap bersabar. Ketika itu turun, shutdown komputer Anda dan menghapus media instalasi. Bila Anda boot kembali, Anda harus memiliki pilihan antara Ubuntu Linux atau Windows!
  • Langkah 8 : Mengubah Boot Device (lagi)
Jika Anda mengubah urutan boot perangkat pada langkah enam, Anda akan harus mengulangi proses itu di sini. Mengatur urutan boot BIOS Anda sehingga sekali lagi hard drive adalah perangkat boot utama. 

gambar booting os bios

Perhatikan bahwa jika Anda melewatkan langkah ini, sistem anda akan mencoba untuk memuat sistem operasi dari removable media sebelum mencari Windows. Jika tidak ada disk dalam drive, itu harus melanjutkan untuk boot ke Windows.
  • Langkah 9 : Reboot dan Konfigurasi

Setelah boot, Anda sekarang akan melihat pilihan antara Windows dan Ubuntu LinuxPergi ke depan dan memilih Linuxdan mendapatkan diri dibiasakan dengan OS besar iniAda ton dari dokumentasi yang tersedia untuk membantu Anda terbiasa dengan perbedaan antara Windows dan Linux.

gambar tampilan menu dual boot

Salah satu sumber yang sederhana Anda mungkin ingin melihat langsung adalah padahttps://help.ubuntu.com/community/SwitchingToUbuntu/FromWindows

Antara antarmuka pengguna grafis (GUI), command-line interface (CLI), ratusan aplikasi open source gratisdan masyarakat sangat aktif dan mendukungLinux memiliki banyak untuk menawarkan calon harus Windows mengkonversi.
  • Langkah 10 : Menyempurnakan Ubuntu Install (Opsional)
gambar tampilan dekstop linux

Terakhir, jika Anda memutuskan untuk membuat sistem operasi Linux utama Anda untuk penggunaan sehari-hariAnda dapat mengatur sistem anda untuk boot ke Ubuntu daripada Windows secara defaultAtauuntuk tinggal dengan OS Windows akrabmasyarakat menawarkan how-to untuk itu jugaUntuk setiap kesalahan atau topik yang tidak tercakup dalam panduan inijawaban bisa kemungkinan besar akan ditemukan di forum.

Di sini Kami juga Menyediakan tutorial mengenai Instal dan Aktivasi Windows 10 secara profesional dalam bentuk video yang dapat sobat liat di bawah ini.



Jika kalian memiliki pertanyaan, kalian dapat posting di halaman Facebook kami. dan jangan lupa untuk Join This Site pada bagian menu Follow kanan bawah, supaya kalian dapat mengetahui update tutorial terbaru dari hatikumata. Semoga tutorial yang hatikumata bagikan kali ini dapat membantu sobat semua dalam instal Dual booting Linux dan Windows. Semoga artikel yang hatikumata bagikan ini berguna buat sobat semuanya.

1 komentar:

makasih gan atas tutorial dual bootingnya yah.... :)